Selasa, 12 Oktober 2010

Pembunuhan Sadis Delapan Orang Dukun Pengganda Uang dan Lima Orang Ditahan


Oleh
Iman Nur Rosyadi


Lebak — Polisi menahan seorang dukun pengganda uang dan lima orang yang diduga kuat pelaku pembunuhan berencana terhadap delapan orang yang ingin menggandakan uangnya. Kedelapan orang itu ditemukan polisi sudah menjadi mayat dalam dua lubang kubur di Desa Cikareo, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak, Selasa (24/7).
Tersangka itu adalah Tubagus Yusuf Maulana alias Usep alias Habib (36), dukun pengganda uang. Sedangkan kelima tersangka lainnya adalah Nurjali (18), Yana (18), Muchtar (20) dan Karma (48). Mereka tecatat sebagai warga setempat dan ditangkap polisi pada Senin (23/7) malam.
Polisi menemukan satu lubang di Kampung Cibuyur, Desa Cikareo yang berisi tiga mayat korban, Senin malam. Ketiga mayat itu dikenali sebagai Sanali, Anto, dan Nasrun yang diketahui sebagai warga Tangerang. Mayat korban dibawa ke RSUD Serang untuk diotopsi.
Selasa (24/7) pagi, polisi membongkar lubang lain di perkebunan Kampung Cikareo, yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari lubang pertama. Polisi menemukan lima mayat dipendam dalam satu lubang. Mayat ini diidentifikasikan sebagai Solihin, Yudi, Olon, Imi Zamzami, dan Umron yang dipendam pada Mei 2007.
Hingga Selasa (24/7) malam, sejumlah keluarga tiga korban pembunuhan dukun pengganda uang masih berkumpul di RSUD Serang. Mereka masih menunggu proses otopsi untuk membawa pulang jenazah para korban.
Minuman Beracun
Sementara itu, Kapolres Lebak AKBP Dwi Gunawan, Selasa mengungkapkan, modus operandi pembunuhan dukun pengganda uang terhadap delapan pasiennya itu melalui upacara ritual dan memberi minuman yang diduga kuat beracun. Ritual dan minuman itu diyakini korban untuk menggandakan uang.
AKBP Dwi Gunawan menyatakan, pembunuhan dilakukan pelaku sebanyak dua kali, pada 17 Mei 2007 sebanyak lima orang telah terbunuh. Sedangkan pada 19 Juli 2007, sebanyak tiga korban kembali dibunuh oleh tersangka.
Upacara ritual yang harus dilakukan untuk mewujudkan niatannya itu, para korban diperintahkan menggali lubang yang sudah disiapkan oleh dukun itu. Setelah penggalian tanah, korban diberi minuman racun yang warnanya hitam. “Korban disuruh meminum racun, namun jenis racun apa yang digunakan untuk membunuh, kami masih melakukan penyelidikan,” katanya.
Polisi masih menyelidiki motif pembunuhan tersebut. Namun, sementara ini disimpulkan, pembunuhan dilakukan untuk menguasai uang yang disyaratkan Tubagus Yusuf Maulana alias Usep. Syarat itu jika jumlah orang yang minta digandakan ada lima orang, uang yang harus disediakan minimal Rp 20 juta. “Setelah membunuh para korban, tersangka mengambil uang korban dan harta benda korban berupa HP dan lain-lainnya,” ujarnya.
Dia menambahkan, terungkapnya kasus pembunuhan ini bermula dari pengakuan keluarga korban, Dewi (30) dan anaknya St (18). Mereka melaporkan pada Senin (23/7) pukul 10.00 WIB ke Polres Lebak telah kehilangan suaminya, Anto selama tiga hari. “Terungkapnya kasus ini karena adanya pengakuan dari St yang pernah mengikuti ritual tersebut,” tambahnya.
Polisi langsung melakukan penyelidikan ke rumah dukun pengganda uang. Dari hasil penyelidikan tersebut, polisi bisa mengungkapkan kejadian pembunuhan sadis itu. “Kita bisa ungkap dengan segera, kasus pembunuhan yang paling besar terjadi di Kabupaten Lebak ini,” ujarnya di lokasi penggalian korban.
Kapolres mengatakan, korban tesebut adalah korban pembunuhan berencana. Untuk itu, kata dia, tersangka dapat diancam pasal 340 KUHP yaitu perbuatan pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati.


Copyright © Sinar Harapan 2003

http://www.sinarharapan.co.id/berita/0707/25/nus05.html

2 komentar:

  1. Asslamualaikum....
    saya hanya sebagai perantara untuk menyampaikan tentang pesugihan tanpa tumbal, bisa menyelesaikan permasalahan hidup halal dunia aherat.
    Permasalahan akan tuntas dengan ilmu goip yang kasat mata.
    Ritual adalah jalannya ilmu goip menuju kesuksesan
    PENARIKAN DANA GHOIB 1 HARI CAIR
    Tingkat 1 = Untuk Hasil 500 Juta
    Tingkat 2 = Untuk Hasil 1 Milyar
    Tingkat 3 = Untuk Hasil 2 Milyar
    Tingkat 4 = Untuk Hasil 3 Milyar
    insyallah akan sukses jika anda mau mengambil keputusan untuk mengikuti pesugihan ini. ingat bahwa kita yang menjalakan tapi allah yang akan menentukan hasilnya.
    JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH AKAN BERHASIL, SAYA SENDIRI SUDAH BUKTIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL. JIKA ANDA BERMINAT SILAHKAN HUBUNGI KH.Mustamid Abbas DI 082311002203 situsnya https://dana-hiba88.blogspot.co.id/

    BalasHapus